Senin, 07 Desember 2009

Mengenal Supply Chain Management





Supply Chain Management atau SCM bukan istilah yang asing lagi. Instilah ini sudah banyak beredar didunia industri, baik jasa maupun barang. Ketika mendengar istilah Supply Chain Management, pikiran kita langsung tertuju pada Urusan Logistik. tetapi ternyata pikiran tersebut salah. Logistik itu merupakan bagian dari Supply Chain Management.


Apa itu Supply Chain Management ?

menurut saya, dari berbagai pengertian dan dari berbagai buku yang ada, pengertian dibawah ini yang lebih tepat untuk Supply Chain Management. yaitu :
A supply chain is a sequence of processes and flows that take place within and between different supply chain stages and combine to fill a customer need for a product. (Sunil Chopra & Peter Meindl, 2001)

Within and Between , kata yang digarisbawahi tersebut sangat penting dalam memahami Supply Chain Management. jadi Supply Chain Management adalah Strategi pengaturan dan pengontrolan tahapan dan aliran dari pemenuhan kebutuhan customer terhadap suatu produk pada setiap rantai pasokan, pengaturan dan pengontrolan yang dilakukan pada setiap stage dari perusahaan sendiri maupun dari rekanan perusahaan yang masih berhubungan.

Within yaitu Company Focus, dimana proses pengaturan dan pengontrolan dilakukan fokus dalam intern perusahaan, dan Between yaitu Networking Fokus, dimana proses pengaturan dan pengontrolan dilakukan terhadap perusahaan rekanan.


Apa bedanya Logistik dengan Supply Chain Management ?

Logistik : aliran barang/jasa dan informasi terkait secara efektif dan efisien dari titik awal hingga titik konsumsi dalam rangka memenuhi kebutuhan kosumen.

Lingkup Logistik : pemrosesan order, pengendalian inventory, pembelian, pergudangan dan distribusi/transportasi.

Logistik merupakan salah satu fungsi perusahaan dan suatu proses antar organisasi.

Logistik merupakan bagian dari proses supply chain.

Sumber :
http://royindralesmana.wordpress.com/category/supply-chain-logistic/
20 Juni 2009
Sumber Gambar:
http://www-935.ibm.com/services/uk/bcs/images/bcs_supply_chain443.jpg
http://adnanedoudou.unblog.fr/files/2009/06/easysupplychainmanagement1.jpg

1 komentar: